Minggu, 03 Mei 2015

Integrated Marketing Communications (IMC)


Image Source : ayemyomyintaung.blogspot.com
Secara umum Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communications (IMC) merupakan proses  mengintegrasikan dan mengkoordinasikan  berbagai saluran komunikasi perusahaan untuk  menghantarkan pesan yang jelas, konsisten dan menarik tentang organisasi dan produknya. (Kotler dan Armstrong, 2008:120).Sementara itu dewan pengajar komunikasi pemasaran  di Medill School, Universitas Northwestern, Amerika, mendefinisikan IMC  sebagai 
rangkaian proses pengembangan dan penerapan  berbagai bentuk program komunikasi secara persuasif kepada pelanggan  dan calon pelanggan secara berkelanjutan.   Tujuannya,  untuk mempengaruhi atau memberi efek  langsung pada perilaku khalayak  sasaran yang dimilikinya. Dimana IMC ini berasumsi bahwa semua sumber  yang dapat menghubungkan konsumen atau calon konsumen dengan produk atau jasa dari satu merek  adalah jalur yang
potensial untuk menyampaikan pesan. (Shimp, 2003 : 25). Lebih jauh dalam buku yang sama Terrance A. Shimp (2003: 24-29) menjelaskan IMC memiliki beberapa ciri utama yakni: 
 
a.      Mempengaruhi Perilaku
Tujuan dari IMC adalah  menggerakkan orang untuk mengambil tindakan.  IMC bertujuan mempengaruhi prilaku khalayak agar memiliki kesadaran terhadap sebuah merek yang sedang dipasarkan, kemudian menanamkan nilai-nilai positif (mendukung) produk tersebut dan diharapkan berujung pada penggunaan merek (konsumsi).

b.      Berawal Dari Pelanggan dan calon pelanggan (prorespect)
Ciri kedua IMC yakni berawal dari pelanggan. Maksudnya pendekatan itu dimulai dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh khalayak. Kemudian perusahaan selaku  pemasar (komunikator) menyesuaikan bentuk komunikasi yang digunakan untuk memenuhi apa yang diinginkan pelanggan atau calon pelanggan.

c.       Melakukan satu atau berbagai cara untuk melakukan kontak
Dalam prosesnya, IMC menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang tersedia dan seluruh kontak yang bisa menghubungkan merek dengan pelanggan sebagai jalur  penyampaian pesan. Kontak disini dimaksudkan sebagai saluran atau media penyampaian informasi.

d.      Berusaha menciptakan sinergi
IMC membutuhkan sinergi antar semua elemen komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi pemasaran tersebut. Karena jika satu elemen saja tidak  berjalan secara padu sinergi tersebut tidak akan tercapai.

e.       Menjalin hubungan
Karakteristik yang terakhir dari IMC adalah  komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjalinnya komunikasi  atau hubungan antara merek dengan pelanggannya secara berkesinambungan.
Gambar :   Integrated Marketing Communications (IMC)

 











Sumber :

Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Shimp, Terence A, Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu, Jilid 1, Edisi ke Lima, Jakarta : Erlangga, 2003  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar