Sabtu, 09 Mei 2015

Pendekatan Perencanaan Komunikasi


Image Source : stopsellingvanillaicecream.com

John Middleton juga menguraikan beberapa pendekatan perencanaan komunikasi sebagai berikut :

a. Pertama, pendekatan proses adalah suatu cara memandang masalah perencanaan komunikasi dilihat dari fungsi dan proses kegiatan komunikasi itu sendiri yang meliputi penerapan berbagai teori, mulai dari teori pembangunan, teori sosiologi, teori komunikasi dan teori organisasi.

b. Kedua, pendekatan sistem adalah cara pandang terhadap perencanaan komunikasi sebagai suatu sistem yang merupakan suatu kesatuan dari sub-sub sistem komunikasi yang terkorelasi, baik secara struktural maupun fungsional.

c. Ketiga, pendekatan teknologis adalah suatu cara pandang terhadap perencanaan komunikasi dengan perhatian pada aspek- aspek teknologi sebagai pendukung utama perencanaan komunikasi.

d. Keempat, pendekatan ekonomis adalah suatu cara pandang terhadap perencanaan komunikasi dengan perhatian kepada aspek-aspek ekonomi sebagai pendukung utama perencanaan komunikasi.

e. Kelima, pendekatan evaluasi adalah suatu cara pandang terhadap perencanaan komunikasi dengan menekankan kepada pandangan danpenilaian yang di informasikan mengenai efektifitas program kegiatan yang sifatnya berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar