Senin, 04 Mei 2015

Segmentasi Pasar Pariwisata

Image Source : beta.tutor2u.net
Secara sederhana segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar sesuai dengan sifat dan karakteristiknya. Menurut Kotler dalam Oka A. Yoeti (2002:74), dalam industri pariwisata segmentasi pasar adalah membagi pasar pariwisata ke dalam kelompok-kelompok wisatawan secara tegas, dan tiap kelompok itu dipilih atau ditetapkan sebagai target pasar yang akan dipengaruhi dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Berikut ini beberapa variabel utama yang dapat digunakan dalam melakukan segmentasi menurut Kotler dkk. (2002: 255-261)
  1. Segmentasi Geografis: yang membagi pasar ke dalam unit-unit geografis, misalnya daerah/negara asal wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata. Unit-unit geografis ini dapat berupa negara, provinsi, kota, kabupaten, kota dan kecamata.
  2.  Segmentasi Demografis: yang membagi pasar kedalam kelompok-kelompok berdasar pada variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama dan kebangsaan
  3. Segmentasi Psikografis: yang membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasar kelas sosial, gaya hidup dan karakteristik pribadi/individu.
  4. Segmentasi berdasar perilaku: yang membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasar pengetahuan mereka, sikap, penggunaan atau tanggapan terhadap suatu produk. 
Sumber :
Yoeti, Oka A. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2002.
Kotler, Philip,  John Bowen dan James Makens. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, versi Bahasa Indonesia, Edisi Kedua,  Jilid 1, Jakarta : Prenhallindo, 2002.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar