Image Source : ayemyomyintaung.blogspot.com |
rangkaian proses pengembangan dan penerapan berbagai bentuk program komunikasi secara persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan. Tujuannya, untuk mempengaruhi atau memberi efek langsung pada perilaku khalayak sasaran yang dimilikinya. Dimana IMC ini berasumsi bahwa semua sumber yang dapat menghubungkan konsumen atau calon konsumen dengan produk atau jasa dari satu merek adalah jalur yang
potensial untuk menyampaikan pesan. (Shimp, 2003 : 25). Lebih jauh dalam buku yang sama Terrance A. Shimp (2003: 24-29) menjelaskan IMC memiliki beberapa ciri utama yakni:
a. Mempengaruhi
Perilaku
Tujuan dari IMC adalah menggerakkan orang untuk mengambil
tindakan. IMC bertujuan mempengaruhi
prilaku khalayak agar memiliki kesadaran terhadap sebuah merek yang sedang
dipasarkan, kemudian menanamkan nilai-nilai positif (mendukung) produk tersebut
dan diharapkan berujung pada penggunaan merek (konsumsi).
b. Berawal
Dari Pelanggan dan calon pelanggan (prorespect)
Ciri kedua IMC yakni berawal dari
pelanggan. Maksudnya pendekatan itu dimulai dengan melihat apa yang dibutuhkan
oleh khalayak. Kemudian perusahaan selaku
pemasar (komunikator) menyesuaikan bentuk komunikasi yang digunakan
untuk memenuhi apa yang diinginkan pelanggan atau calon pelanggan.
c. Melakukan
satu atau berbagai cara untuk melakukan kontak
Dalam prosesnya, IMC menggunakan seluruh
bentuk komunikasi yang tersedia dan seluruh kontak yang bisa menghubungkan
merek dengan pelanggan sebagai jalur
penyampaian pesan. Kontak disini dimaksudkan sebagai saluran atau media
penyampaian informasi.
d. Berusaha
menciptakan sinergi
IMC membutuhkan sinergi antar semua
elemen komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi pemasaran tersebut.
Karena jika satu elemen saja tidak berjalan secara padu sinergi tersebut tidak
akan tercapai.
e. Menjalin
hubungan
Karakteristik
yang terakhir dari IMC adalah komunikasi
pemasaran yang sukses membutuhkan terjalinnya komunikasi atau hubungan antara merek dengan
pelanggannya secara berkesinambungan.
Gambar :
Integrated Marketing
Communications
(IMC)
Sumber :
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Shimp,
Terence A, Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu, Jilid 1, Edisi
ke Lima, Jakarta : Erlangga, 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar