Elemen-elemen Komunikasi Pemasaran Terpadu |
Adapun
definisi dari kelima elemen dalam IMC yang
dimaksud oleh Kotler dalam bagan di atas
dapat dijelaskan sebagai berikut (Kotler
dan Amstrong, 2008:121)
a. Periklanan
(Advertising) dapat diartikan
sebagai semua bentuk presentasi non
pribadi, promosi ide, barang atau jasa berbayar dengan sponsor tertentu.
b. Promosi
Penjualan (Sales Promotion)mengacu
pada kegiatan pemasaran yang memberikan nilai tambah atau insentif kepada
tenaga penjualan, distributor atau konsumen yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Sebagai contoh
pemberian diskon atau undian berhadiah baik kepada pelanggan langsung maupun
jaringan distribusi.
c. Hubungan
Masyarakat (Public Relations)
merupakan
kegiatan membangun hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan bagaimana menangani atau menghadapi rumor, berita, dan kejadian terkait perusahaan.
kegiatan membangun hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan bagaimana menangani atau menghadapi rumor, berita, dan kejadian terkait perusahaan.
d. Penjualan
Personal (Personal Selling) dapat
dicontohkan dalam bentuk presentasi
pribadi yang dilakukan oleh wiraniaga perusahaan dengan tujuan untuk menjual dan membangun hubungan dengan
pelanggan.
e. Pemasaran
langsung (Direct Marketing) bisa
diartikan sebagai hubungan langsung
dengan konsumen yang telah ditentukan
secara cermat untuk mendapatkan respons segera dan membangun hubungan pelanggan yang kuat.
Dalam konteks ini proses komunikasi dapat dilakukan dengan surat, telepon, TV
interaktif, email dan lainnya yang memungkinkan terjadinya interaksi langsung
dengan konsumen.
Daftar Pustaka :
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar