Minggu, 03 Mei 2015

Elemen-elemen dalam Komunikasi Pemasran Terpadu



Elemen-elemen Komunikasi Pemasaran Terpadu

Adapun definisi dari kelima elemen dalam IMC  yang dimaksud oleh Kotler  dalam bagan di atas  dapat dijelaskan sebagai berikut (Kotler dan Amstrong, 2008:121)
a.       Periklanan (Advertising) dapat diartikan sebagai  semua bentuk presentasi non pribadi, promosi ide, barang atau jasa berbayar dengan sponsor tertentu.
b.      Promosi Penjualan (Sales Promotion)mengacu pada kegiatan pemasaran yang memberikan nilai tambah atau insentif kepada tenaga penjualan, distributor atau konsumen yang diharapkan  dapat meningkatkan penjualan. Sebagai contoh pemberian diskon atau undian berhadiah baik kepada pelanggan langsung maupun jaringan distribusi.
c.       Hubungan Masyarakat (Public Relations) merupakan
kegiatan membangun hubungan baik  dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan  bagaimana menangani atau menghadapi rumor, berita, dan kejadian terkait perusahaan.
d.      Penjualan Personal (Personal Selling) dapat dicontohkan  dalam bentuk presentasi pribadi yang dilakukan oleh wiraniaga perusahaan dengan tujuan untuk  menjual dan membangun hubungan dengan pelanggan.
e.       Pemasaran langsung (Direct Marketing) bisa diartikan sebagai hubungan langsung  dengan konsumen yang telah ditentukan  secara cermat untuk mendapatkan respons segera  dan membangun hubungan pelanggan yang kuat. Dalam konteks ini proses komunikasi dapat dilakukan dengan surat, telepon, TV interaktif, email dan lainnya yang memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan konsumen.

Daftar Pustaka : 
Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar