Senin, 04 Mei 2015

Strategi Komunikasi Pemasaran


Image Source : www.brand-one.com.au

Strategi pada hakikatnya merupakan perencanaan (planning) dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta yang menunjukkan arah melainkan harus juga menunjukkan  bagaimana taktik operasionalnya.  Demikian halnya strategi komunikasi  merupakan paduan dari perencanaan  komunikasi dan manajemen komunikasi untuk dapat mencapai satu tujuan. (Effendy, 2007:301).
Kotler (2008:53) menyederhanakan strategi pemasaran sebagai suatu logika pemasaran dimana unit bisnis  berharap untuk mencapai tujuannya. Dimana strategi komunikasi  mempunyai fungsi menyebarkan pesan yang bersifat
informatif, persuasif dan istruktif secara sistematik kepada sasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal.  Karena itulah dalam proses penyusunan sebuah strategi komunikasi, konsep komunikasi yang disampaikan Laswell ‘’Who Says What, Which Channel, To Whom with wat Effect ?’’ bisa diaplikasikan disini. Komponen-komponen komunikasi yang diajukan Laswell tersebut perlu diperhatikan.(Effendy, 2007:300).

Who ? (Siapa komunikator yang mengirimkan pesan). Says What ? (Pesan apa yang disampaikan).  In Which Channel ? (Melalui media apa pesan .disampaikan). To Whom? (Kepada siapa pesan hendak disampaikan).  With what effect? (Efek apa yang diharapkan).

Sementara itu strategi pemasaran merupakan proses perencanaan komunikasi pemasaran yang  yang memperkenalkan konsep perencanaan komperhensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, sepertio public relations, advertising, direct selling, Salles Promotion, daninteractiv marketing guna memberikan kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimum. Strategi komunikasi pemasaran merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola hubungan  dengan konsumen yang intinya menggerakan brand value(nilai produk) (Duncan, 2004:8). Dengan kata lain strategi pemasaran dapat disederhanakan menjadi komunikasi yang berupaya untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan khalayak pada pasar yang dituju terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Daftar Pustaka :

Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Duncan, Tom. Principles of Advertising and IMC, 2nd Edition, New York :McGraw-Hill,2005.
 Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti,  2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar