Image Source : www.brand-one.com.au |
Strategi pada
hakikatnya merupakan perencanaan (planning)
dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut
strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta yang menunjukkan arah melainkan
harus juga menunjukkan bagaimana taktik
operasionalnya. Demikian halnya strategi
komunikasi merupakan paduan dari
perencanaan komunikasi dan manajemen
komunikasi untuk dapat mencapai satu tujuan. (Effendy, 2007:301).
Kotler (2008:53) menyederhanakan
strategi pemasaran sebagai suatu logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk mencapai tujuannya. Dimana strategi
komunikasi mempunyai fungsi menyebarkan
pesan yang bersifat
informatif, persuasif dan istruktif secara sistematik
kepada sasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Karena itulah dalam proses penyusunan sebuah
strategi komunikasi, konsep komunikasi yang disampaikan Laswell ‘’Who Says What, Which Channel, To Whom with
wat Effect ?’’ bisa diaplikasikan disini. Komponen-komponen komunikasi yang
diajukan Laswell tersebut perlu diperhatikan.(Effendy, 2007:300).
Who
? (Siapa komunikator yang mengirimkan pesan). Says What ? (Pesan apa yang disampaikan). In
Which Channel ? (Melalui media apa pesan .disampaikan). To Whom? (Kepada siapa pesan hendak
disampaikan). With what effect? (Efek apa yang diharapkan).
Sementara itu
strategi pemasaran merupakan proses perencanaan komunikasi pemasaran yang yang memperkenalkan konsep perencanaan
komperhensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen
komunikasi pemasaran, sepertio public
relations, advertising, direct selling, Salles Promotion, daninteractiv marketing guna memberikan
kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimum. Strategi
komunikasi pemasaran merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola
hubungan dengan konsumen yang intinya
menggerakan brand value(nilai produk)
(Duncan, 2004:8). Dengan kata lain strategi pemasaran dapat disederhanakan menjadi
komunikasi yang berupaya untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi dan
mengingatkan khalayak pada pasar yang dituju terhadap produk atau jasa yang
ditawarkan.
Daftar Pustaka :
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Duncan,
Tom. Principles of Advertising and IMC,
2nd Edition, New York :McGraw-Hill,2005.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan
Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti, 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar