Secara
garis besar Kotler (2008:128) membagi saluran komunikasi menjadi dua jenis
yakni :
1. Saluran
Komunikasi Pribadi (personal)
mencakup dua atau lebih orang berkomunikasi secara langsung satu sama lain.
Mereka dapat bertatap muka, telepon, surat elektronik, atau chatting melalui internet. Saluran ini memungkinkan komunikasi pribadi
danmendapatkan umpan balik.
2. Saluran
Komunikasi Nonpribadi (Non Personal).Saluran
komunikasi jenis ini melakukan proses
penyampaian pesan tanpa melakukan kontak
atau inetarksi pribadi. Proses komunikasi ini melalui media seperti
koran, majalah, website, atau acara yang dirancang sedemikian rupa untuk
mengkomunikasikan produk.
Sumber :
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar