Empat
kelompok variabel dalam bauran promosi
(Kotler dan
Armstrong, 2008:62)
|
Dalam
bahasa yang lebih sederhana Morissan (2010: 5)
menggambarkan
integrasi ke empat kelompok variabel ini sebagai upaya
pemasar mengembangkan satu produk (Product)
yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen,
untuk kemudian ditawarkan pada harga (Price) tertentu. Untuk memudahkan konsumen, produk ini harus
didistribusikan dan tersedia di tempat-tempat (Place) yang menjadi pasar bagi produk bersangkutan.
Untuk itulah
kemudian diperlukan adanya promosi (Promotion)
agar masyarakat sadar akan keberadaan produk tersebut dan memiliki ketertarikan
untuk membeli. Karena itulah untuk memenangkan persaingan secara efektif, perusahaan harus
menciptakan bauran pemasaran yang memberikan nilai yang lebih baik kepada pasar
yang dituju daripada nilai yang ditawarkan
oleh para pesaing. (Kotler, dkk, 2002:3).
Daftar Pustaka :
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Kotler,
Philip, John Bowen dan James Makens.
Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, versi Bahasa Indonesia, Edisi
Kedua, Jilid 1, Jakarta : Prenhallindo,
2002.
Kotler,
Philip, John Bowen dan James Makens, Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan,
Versi Bahasa Indonesia, Edisi
Kedua, Jilid 2, Jakarta : Prenhallindo,
2002
Morissan,
Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana,
2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar