Minggu, 03 Mei 2015

Bauran Pemasaran dan Bauran Promosi


Empat kelompok variabel dalam bauran promosi 
(Kotler dan Armstrong, 2008:62)
Bauran pemasaran atau Marketing Mix dapat diartikan sebagai kumpulan alat pemasaran taktis dan terkendali yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons pada pasar yang dituju.Bauran ini terdiri atas berbagai hal yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Bauran tersebut terdiri atas empat kelompok variabel yang lazim disingkat 4P, yakni Price (Harga) Product (Produk) Place (Tempat) dan Promotion (Promosi) ( Kotler dan Armstrong, 2008:62).
Dalam bahasa yang lebih sederhana Morissan (2010: 5)  menggambarkan
integrasi ke empat kelompok variabel ini sebagai upaya pemasar mengembangkan satu produk (Product) yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen,  untuk kemudian ditawarkan pada harga (Price) tertentu. Untuk memudahkan konsumen, produk ini harus didistribusikan dan tersedia di tempat-tempat (Place) yang menjadi pasar bagi produk bersangkutan.
 Untuk itulah kemudian diperlukan adanya promosi (Promotion) agar masyarakat sadar akan keberadaan produk tersebut dan memiliki ketertarikan untuk membeli. Karena itulah untuk memenangkan persaingan  secara efektif, perusahaan harus menciptakan  bauran pemasaran yang  memberikan nilai yang lebih baik kepada pasar yang dituju daripada nilai yang ditawarkan  oleh para pesaing. (Kotler, dkk, 2002:3). 

Daftar Pustaka  :


Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Kotler, Philip,  John Bowen dan James Makens. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, versi Bahasa Indonesia, Edisi Kedua,  Jilid 1, Jakarta : Prenhallindo, 2002. 
Kotler, Philip, John Bowen dan James Makens, Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, Versi Bahasa Indonesia,  Edisi Kedua,  Jilid 2, Jakarta : Prenhallindo, 2002
Morissan, Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana, 2010  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar