Image source : emarketingconsult.com |
Dalam buku lainnya, Kotler dan Armstrong (2008:6) menggaris bawahi
pemasaran sebagai sebuah proses dimana perusahaan atau badan usaha menciptakan
nilai bagi pelanggan dan kemudian membangun hubungan yang kuat dengan tujuan
mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Imbal balik dari pelanggan dapat berupa harga
yang dibayarkan, loyalitas, ataupun brand
awareness di benak masyarakat terhadap apa yang ditawarkan. Dengan kata
lain pemasaran digerakkan untuk memastikan terjalinnya hubungan baik secara
berkelanjutan dengan pelanggan. Pada akhirnya ketika hubungan baik tersebut
telah terjalin maka transaksi yang menguntungkan tersebut akan menyusul. (Kotler,
dkk, 2002,19)
Sementara
itu komunikasi pemasaran memainkan peranan penting dalam proses pemasaran. Dimana,
komunikasi tersebut bertujuan untuk memastikan masyarakat mengetahui keberadaan
produk tersebut. Selain itu peran dari
komunikasi pemasaran untuk membedakan produk yang ditawarkan oleh produsen yang
satu dengan lainnya. Pada tingkatan yang lebih tinggi komunikasi pemasaran itu
tidak hanya berperan menginformasikan, membujuk, dan membedakan produk, tetapi
juga menawarkan sasaran pertukaran itu sendiri.(Setiadi, 2003:250). Gambar di bawah ini adalah proses komunikasi menurut Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra 2012:344
Daftar Pustaka
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2,
Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Kotler,
Philip, John Bowen dan James Makens.
Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, versi Bahasa Indonesia, Edisi
Kedua, Jilid 1, Jakarta : Prenhallindo,
2002.
Kotler,
Philip, John Bowen dan James Makens, Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan,
Versi Bahasa Indonesia, Edisi
Kedua, Jilid 2, Jakarta : Prenhallindo,
2002.
Kotler,
Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi-12, Jilid 1, Jakarta :
Penerbit Indeks, 2009
Tjiptono,
Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik,
Branding Strategy, Customer Statisfaction, Strategi Kompetitif, hingga
e-marketing, Edisi ke-2, Yogyakarta:PenerbitAndi, 2012
Setiadi,
Nugroho J, Prilaku Konsumen : Konsep dan
Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana, 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar