Minggu, 03 Mei 2015

Komunikasi Pemasaran



Image source : emarketingconsult.com
Pemasaran kini banyak dipandang sebagai falsafah, cara berfikir, dan cara menstrukturkan bisnis  dan pikiran. Pemasaran menjadi bagian dari pekerjaan  setiap orang  mulai dari direksi sampai resepsionis dimana tugas dari pemasaran adalah merancang kombinasi produk-jasa yang memberikan nilai nyata kepada pelanggan yang dituju, memotivasi pembelian dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara nyata. Karena itulah pemasaran merupakan satu bidang dalam usaha yang paling banyak bersentuhan dengan konsumen. (Kotler, dkk 2002:3) 
Dalam buku lainnya, Kotler dan Armstrong (2008:6) menggaris bawahi pemasaran sebagai sebuah proses dimana perusahaan atau badan usaha menciptakan nilai bagi pelanggan dan kemudian membangun hubungan yang kuat dengan tujuan mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.  Imbal balik dari pelanggan dapat berupa harga yang dibayarkan, loyalitas, ataupun brand awareness di benak masyarakat terhadap apa yang ditawarkan. Dengan kata lain pemasaran digerakkan untuk memastikan terjalinnya hubungan baik secara berkelanjutan dengan pelanggan. Pada akhirnya ketika hubungan baik tersebut telah terjalin maka transaksi yang menguntungkan tersebut akan menyusul. (Kotler, dkk, 2002,19)
 Sementara itu komunikasi pemasaran memainkan peranan  penting dalam proses pemasaran. Dimana, komunikasi tersebut bertujuan untuk memastikan masyarakat mengetahui keberadaan produk tersebut.  Selain itu peran dari komunikasi pemasaran untuk membedakan produk yang ditawarkan oleh produsen yang satu dengan lainnya. Pada tingkatan yang lebih tinggi komunikasi pemasaran itu tidak hanya berperan menginformasikan, membujuk, dan membedakan produk, tetapi juga menawarkan sasaran pertukaran itu sendiri.(Setiadi, 2003:250). Gambar di bawah ini adalah proses komunikasi menurut Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra 2012:344


 







Daftar Pustaka
Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008
Kotler, Philip dan Gary Armstrong : Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.
Kotler, Philip,  John Bowen dan James Makens. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, versi Bahasa Indonesia, Edisi Kedua,  Jilid 1, Jakarta : Prenhallindo, 2002.
Kotler, Philip, John Bowen dan James Makens, Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, Versi Bahasa Indonesia,  Edisi Kedua,  Jilid 2, Jakarta : Prenhallindo, 2002.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi-12, Jilid 1, Jakarta : Penerbit Indeks,  2009
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Statisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-marketing, Edisi ke-2, Yogyakarta:PenerbitAndi, 2012  
Setiadi, Nugroho J, Prilaku Konsumen :  Konsep dan Implikasi  untuk Strategi dan  Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana, 2003.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar