Image source :www.notchcommunications.co.uk |
Dalam konteks
pariwisata konsep komunikasi pemasaran terpadu (IMC) ini telah diaplikasikan hampir
di seluruh dunia dan terbukti
mampu memaksimalkan fungsi pemasaran dalam mencapai target yang diinginkan. Contohnya,
Camilla Kulluvaara dan Johanna
Tornberg, (2003) mengkaji penggunaan IMC
dalam komunikasi pemasaran Icehotel AB, Swedia. Hasilnya hotel tersebut mampu
membangun brand image dan brand identity yang kuat di tengah
persaingan hotel di Swedia. Dimana konsep IMC memungkinkan perusahaan atau
organisasi untuk mengaplikasikan seluruh saluran komunikasi yang tersedia dalam
memasarkan produk
yang dihasilkan.
Pemasaran
terpadu dalam dunia pariwisata menurut International Union of Official Travel
Organization (IUOTO) (Oka A Yoeti,
2013:6) terdiri atas beberapa bauran elemen yang terkait satu dengan yang
lainnya, yaitu:
- Bauran Produk (Product Mix) : Poin ini mencakup segala kebijakan mengenai produk yang dijual dalam industri pariwisata seperti ragam atraksi, even-even budaya, destinasi wisata dan sebagainya. Termasuk di dalamnya mengenai kebijakan harga jual produk tersebut.
- Bauran Distribusi (Distribution Mix)yakni berbagai kebijakan yang diambil untuk menjalin hubungan dengan para pihak yang masuk dalam mata rantai distribusi produk pariwisata seperti tour operator, biro perjalanan wisata, hotel dan sebagainya.
- Bauran Komunikasi (Communication Mix). Bauran komunikasi mencakup beragam langkah yang diambil untuk mengkomunikasikan produk yang ditawarkan dengan pihak terkait. Termasuk diantaranya advertising, public relations, trade presentation dan lainnya
- Bauran Pelayanan (Service Mix)menyangkut pelayanan kepada pelanggan untuk menjamin kepuasan mereka. Layanan dapat berupa berbagai sarana dan prasarana yang disiapkan pemerintah seperti pusat informasi, pengaduan pelanggan, kantor polisi dan lain sebagain.
Daftar Pustaka :
Camilla Kulluvaara dan
Johanna Tornberg, Integrated Marketing
Communication and Tourism A Case Study of Icehotel AB, sebuah Thesis pada Social Science and Business Administration
Programmes, Department of Business Administration and Social Sciences, Division
of Industrial Marketing, Lulea University of Technology, Lulea, Swedia,
2003 (dapat dilihat di
http://epubl.ltu.se/1404-5508/2003/138/LTU-SHU-EX-03138-SE.pdf)
Oka A. Yoeti, Pemasaran Pariwisata Terpadu, Edisi Revisi, Bandung
: CV Angkasa, 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar