Selasa, 05 Mei 2015

Metode Penentuan Anggaran Komunikasi


Image source : piximggif.com
Ada empat metode yang lazim digunakan dalam penentuan anggaran komuunikasi pemasaran (Tjiptono dan Chandra, 2012:346)
  1.   Affordable Method  yakni penyusunan anggaran berdasarkan kesanggupan perusahaan untuk mengeluarkan biaya.
  2.    Percentage of Sales Method  konsep ini menentukan anggaran bersadarkan persentase  tertentu terhadap penjualan atau harga jual produk yang ditetapkan.
  3. Competitive-Parity Method anggaran disusun berdasarkan keinginan perusahaan untuk tetap mempertahankan marketshare-nya karena pengeluaran berdasarkan presentase penjualan sama seperti yang dilakukan perusahaan pesaing.  
  4. Objective and Task Method yakni anggaran promosi melalui langkah sistematis yang terdiri atas menentukan tujuan secara spesifik, menetapkan tugas-tugas spesifik (program promosi) yang harus dilakukan dalam rangka  mewujudkan tujuan tersebut, dan memperkirakan biaya-biaya pengimplementasian tugas-tugas tersebut. 
Sumber :
 
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Statisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-marketing, Edisi ke-2, Yogyakarta:PenerbitAndi, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar