Image source: stopsellingvanillaicecream.com |
Secara
sederhana komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses perpindahan informasi
dari satu sumber kepada pihak lainnya. Kemudian dalam sekala yang lebih luas
komunikasi dapat pula diterjemahkan sebagai proses sosial dimana
individu-individu menggunakan berbagai
simbol untuk menciptakan atau
menginterpretasikan makna-makna dalam lingkungan mereka. (West dan Turner,
2007: 5). Dalam perkembangannya para
ahli komunikasi mengembangkan banyak model komunikasi untuk mempermudah pemahaman mengenai komunikasi. Salah satunya adalah model komunikasi dari Harold Lasswell yang dianggap para pakar sebagai salah pionir dalam perkembangan teori komunikasi. Lasswell menyatakan bahwa cara yang terbaik menerangkan proses komunikasi adalah menjawab pertanyaan:
ahli komunikasi mengembangkan banyak model komunikasi untuk mempermudah pemahaman mengenai komunikasi. Salah satunya adalah model komunikasi dari Harold Lasswell yang dianggap para pakar sebagai salah pionir dalam perkembangan teori komunikasi. Lasswell menyatakan bahwa cara yang terbaik menerangkan proses komunikasi adalah menjawab pertanyaan:
Who Says What In
Which Channel To Whom With What Effect (Siapa
Mengatakan Apa Melalui Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Efek Apa) (Onong
Uchjana, 2000:253).
Jawaban
dari apa yang ditanyakan Laswell dalam
kalimat di atas merupakan unsur-unsur dalam proses komunikasi, yaitu Communicator (Komunikator/pemberi
pesan), Message (Pesan/informasi), Media (Saluran), Receiver (Komunikan/penerima), dan Effect (efek). Kemudian, Henry Mintzberg mengemukakan ada tujuh
elemen komunikasi yang penting (Hattersley dan McJannet, 2005:5), yaitu :
- Source, yaitu siapa yang berinisiatif dalam tindakan dan mengapa mereka harus dipercaya, serta bagaimana menjadi sumber yang kredibel dan efektif
- Goal, yaitu hasil apa yang akan dicari.
- Audience, yaitu membatasi khalayak. Siapa saja yang menjadi khalayak primer maupun sekunder.
- Context, komunikasi terjadi dalam lingkungan yang spesifik. Ia dapat melibatkan usaha untuk menjangkau satu khalayak maupun ribua
- Message, pesan apa yang akan dapat mencapai tujuan anda dengan khalayak tersebut.
- Media, saluran apa saja yang lebih efektif dalam membawa pesan kepada khalayak yang signifikan.
- Feedback, komunikasi tidak hanya sebuah tindakan melainkan sebuah proses. Sehingga juga membutuhkan respon atau umpan balik atas pesan yang disampaikan.
West,
Richard dan Lynn H. Turner. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi,
edisi ke-3, Jakarta : Penerbit Salemba Humanika, 2008.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan
Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti, 2003.
Hattersley,
Michael E. & Linda McJannet. Management
Communication: Principles and Practice. New York: McGraw-Hill, 2005.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar