Secara
sederhana permintaan dapat diartikan sebagai keinginan seseorang terhadap suatu
produk (barang atau jasa) tertentu yang diikuti oleh kemampuan untuk membeli
produk tersebut. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan
pariwisata dan karakternya menurut Oka
A. Yoeti (2008:103-117)
- Disposable personal income atau tersedianya pendapatan yang siap untuk digunakan. Disini permintaaan seseorang terhadap produk pariwisata dipengaruhi oleh tingkat pendapatan.
- Leisure Time tersedianya waktu luang untuk berdarmawisata.
- Technology kemajuan teknologi yang mempermudah seseorang menjangkau lokasi wisata, seperti tersedianya alat transportasi yang memungkinkan wisatawan mempersingkat waktu perjalanan.
- Size of Family jumlah anggota keluarga menentukan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk pariwisata. Artinya semakin kecil jumlah keluarga peluang melakukan permintaan juga semakin besar.
- Security faktor keamanan di daerah tujuan wisata mempengaruhi besarnya permintaan. Dimana tujuan wisata adalah mencari kesenangan dan kenyamanan tidak akan diperoleh jika kondisi keamanan tidak menjamin.
- Accesibility aksesibilitas disini dapat dijelaskan sebagai jarak lokasi antara wisatawan dengan lokasi yang dituju. Semakin dekat jarak maka kemungkinan untuk melakukan perjalanan wisata semakin besar.
Yoeti,
Oka A : Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah
Tujuan Wisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2002.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar